Send Me row spiral saat Beetles dicambuk

Send Me row spiral saat Beetles dicambuk


Oleh Manyane Manyane 24m yang lalu

Bagikan artikel ini:

Johannesburg – Organisasi Personalia Media Afrika Selatan (Sampo) telah membongkar AmaBhungane, menuduh kelompok media jurnalisme investigasi sebagai “massa sewaan” yang digunakan untuk mengintimidasi Sunday World agar tidak menyelidiki keterlibatan jurnalisnya dalam grup media sosial kontroversial yang dinamai menurut nama Presiden Slogan kampanye politik Cyril Ramaphosa, Thuma Mina.

Ini terjadi setelah AmaBhungane minggu ini meluncurkan penyelidikan terhadap kontrak pemerintah bernilai jutaan rand yang diberikan kepada salah satu perusahaan yang dimiliki oleh penerbit Sunday World David Mabilu hampir lima tahun lalu – beberapa hari setelah surat kabar tersebut mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki keterlibatan editor politiknya, George Matlala , di grup media Thuma Mina.

Mantan juru bicara Menteri Perusahaan Umum Pravin Gordhan, Sam Mkokeli, membuka tutup keberadaan kelompok kontroversial itu dua minggu lalu setelah dia secara terbuka berselisih dengan bosnya.

AmaBhungane adalah perusahaan media nirlaba yang didanai donor yang direkturnya termasuk Sam Sole dan Micah Reddy.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Jumat, penjabat juru bicara Sampo Mduduzi Ndzingi mengatakan jurnalis AmaBhungane Micah Reddy minggu ini meluncurkan penyelidikan atas kontrak yang terkait dengan Mabilu setelah langkah Sunday World.

Mabilu adalah CEO Fundudzi Media, pemilik surat kabar mingguan tabloid. Dia membeli Sunday World dari Tiso Blackstar (sekarang Arena Holdings) pada Juni tahun lalu setelah perusahaan media itu mengumumkan bahwa mereka akan menutup koran dan memangkas staf di sejumlah publikasi mereka.

Ndzingi berkata: “Sampo telah mencatat dengan keprihatinan serius upaya AmaBhungane untuk mengintimidasi dan melecehkan pemilik dan editor Sunday World karena meluncurkan penyelidikan ke Thuma Mina Media Group. Kami baru saja mengetahui bahwa AmaBhungane telah melakukan penyelidikan terhadap pemilik surat kabar tersebut, Tuan David Mabilu, beberapa hari setelah Sunday World mengumumkan bahwa mereka telah melakukan penyelidikan terhadap editor politiknya, Matlala, yang namanya muncul dalam daftar 61 jurnalis, juru bicara pemerintah dan pihak lain yang telah terungkap sebagai anggota. “

Ndzingi menambahkan: “Sampo telah mendapat informasi terpercaya bahwa jurnalis AmaBhungane Micah Reddy mengirimkan pertanyaan kepada Mabilu tentang proyek air perusahaannya di Mopani, Limpopo, yang diberikan oleh Departemen Air dan Sanitasi pada 2016.”

Pekan lalu, penjabat editor Sunday World Kabelo Khumalo mengumumkan bahwa koran tersebut menyelidiki Matlala setelah namanya muncul di daftar 61 jurnalis yang telah terungkap sebagai anggota grup rahasia WhatsApp yang terdiri dari jurnalis senior, editor, pemerintah.

juru bicara dan beberapa aktivis.

Reddy pekan ini membantah bahwa AmaBhungane digunakan untuk mengintimidasi Sunday World dan Mabilu dengan maksud menghentikan penyelidikan Grup Media Thuma Mina.

“Yang ada di benak saya adalah penyelidikan mendalam yang telah kami kerjakan sejak jauh sebelum berita tentang penyelidikan ke Matlala. Masalah Giyani tetap menjadi topik utama dan terus menjadi berita seperti yang terjadi selama bertahun-tahun, ”kata Reddy.

Dalam pertanyaan medianya, Reddy telah mencari jawaban atas keterlibatan Vharanani dalam Proyek Air R2b Giyani, hubungannya, jika ada, dengan kontraktor utama, LTE dan Khato Civils, dan apakah Mabilu disubkontrakkan oleh LTE atau oleh perusahaan air Limpopo, Lepelle Northern. Air.

Ndzingi mengatakan fakta bahwa AmaBhungane menanyakan proyek yang diberikan kepada Vharanani Properties pada Januari 2016 beberapa hari setelah Sunday World meluncurkan penyelidikannya terhadap aktivitas Grup Media Thuma Mina adalah tanda bahwa mereka adalah massa sewaan yang digunakan oleh mereka yang berusaha untuk mengintimidasi publikasi. , dan menghentikan aktivitas grup yang mencurigakan agar tidak terungkap ke publik.

“Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemilik AmaBhungane, Sam Sole, adalah jurnalis reaksioner dengan rekam jejak menggunakan posisinya untuk mengejar motif tersembunyi dan profesional kulit hitam yang dianggap mengancam status quo ekonomi negara.

“Kami tahu bahwa Sole dan klik rasisnya di media tidak pernah menerima akuisisi Sunday World oleh Mabilu. Mereka mempertanyakan pembelian kertas itu, meskipun dia menyelamatkan pekerjaan yang sangat dibutuhkan, mengklaim dia akan menggunakan kertas itu untuk melanjutkan agenda politik yang tidak ditentukan karena hubungannya dengan Presiden EFF Julius Malema, ”kata Ndzingi.

Dia menambahkan: “Ini adalah modus operandi yang sama yang digunakan AmaBhungane dan sesama pelancongnya dalam beberapa tahun terakhir untuk mengintimidasi orang kulit hitam yang berani terjun ke industri media, yang ingin mereka pertahankan sebagai kantong pribadi mereka. Oleh karena itu, Sampo mendesak Mr Mabilu dan editor Sunday World untuk menolak upaya AmaBhungane untuk mengintimidasi mereka agar tidak menyelidiki tujuan dan agenda Grup Media Thuma Mina. “

Tunggal tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

Mabilu menolak berkomentar. Khumalo berkata: “Tuan Mabilu belum menyampaikan masalah ini kepada saya dan saya tidak mengharapkannya karena dia mampu menjawab setiap pertanyaan terkait dengan urusan bisnisnya. Investigasi oleh Sunday World sedang berlangsung dan akan dibawa ke kesimpulan logisnya. “

Analis politik Metji Makgoba mengatakan Thuma Mina Media Group mendemonstrasikan bagaimana rumah media tertentu mengembangkan hubungan simbiosis dengan kapital dan kelas penguasa.

“Lebih buruk lagi, alih-alih menjadi pengawas dan pemantau independen pemerintah, kekuasaan, pemimpin perusahaan dan orang atau lembaga lain yang bertanggung jawab kepada publik untuk melayani demokrasi, para agen media ini tetap menjadi alat modal dan aktor politik tertentu untuk maju secara sempit. kepentingan ideologis dan finansial. “

Analis politik Xolani Dube mengatakan pertanyaan AmaBhungane kepada Mabilu menunjukkan bahwa jurnalis tidak lagi berkomitmen pada prinsip-prinsip dasar jurnalisme karena mereka berasal dari faksi yang berbeda.

“Mereka tidak lagi melindungi kepentingan masyarakat, sekarang melindungi kepentingan orang-orang yang menguasai kantong dan penghidupannya. Mereka tidak lagi membela kami sebagai warga negara biasa. “

Sunday Independent


Posted By : Hongkong Prize